Minggu, 05 Juni 2016

Semangat pantang luntur!

            Dalam hidup ini, kadang kita dihadapkan dengan berbagai masalah yang mungkin membuat kita memikul beban yang berat. Sebenarnya, masalah itu bukan untuk diprotes, bukan pula untuk dijadikan sebagai beban, namun, masalah datang karena Allah tahu, kamu lebih kuat dari masalah yang kamu hadapi. Ingatlah akan satu hal, bahwasanya Allah tidak akan memberikan masalah diluar kemampuanmu. Allah yakin kamu pasti bisa menghadapinya.

            Allah memilihmu untuk mendapat masalah itu karena Allah yakin kamu mampu menghadapinya bahkan mencari jalan keluarnya. Allah tahu bahwasanya kamu adalah orang yang kuat, bahkan lebih kuat dari yang lain, maka dari itu Allah memberi sedikit ujian kepada kita.

            Kamu harus tahu dan harus yakin, bahwasanya kamu lebih pintar dari yang kamu pikir, dan lebih kuat dari yang kamu bayangkan. Bayangkan, jika dalam hidup ini kita tak pernah dihadapkan dengan berbagai masalah, apakah kita akan tahu bagaimana rasanya mengikhlaskan sesuatu? Apakah kita akan tahu bagaimana rasanya bersabar? Apakah kita akan tahu kenikmatan dari bersyukur itu seperti apa? Tidak, kita tidak akan pernah tahu dan dapat merasakan semua itu jika kita tidak pernah melewati berbagai masalah, ujian, dan cobaan yang ada di hidup ini.

            Jika kita sedang dihadapkan dengan suatu masalah, mintalah kekuatan hanya kepada Allah, mintalah kepada-Nya agar kita diberikan kesabaran tiada batas, mintalah kepada-Nya dengan ucapan yang lembut, tidak tergesa-gesa, dan dengan hati yang tulus dengan penuh keikhlasan untuk diberikan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi. Jika Allah berkehendak, apapun dapat terjadi. 

            Sadar tidak? Terkadang kita hanya datang kepada Allah pada saat kita sedang ditimpa berbagai macam ujian, cobaan, musibah, dan kesulitan. Kita merengkuh di hadapan-Nya, meminta agar diberi kesabaran dan jalan keluar dari setiap masalah yang kita punya. Sadarkah kita akan hal itu? Nah, mungkin Allah memberikan masalah kepada kita agar kita senantiasa merengkuh di hadapan-Nya, memanjatkan untaian do’a kepada-Nya, dan memohon-mohon dengan penuh belas kasih. Mungkin Allah sangat rindu kepada kita, sangat merindukan kita. Allah ingin melihat kita terus-menerus merengkuh di hadapan-Nya dengan penuh keikhlasan. Berpikir positiflah terhadap suatu apapun yang Allah berikan kepada kita. Allah tidak akan pernah memberikan kita masalah, ujian, dan cobaan jika kita bukan orang yang Allah sayangi. Justru karena Allah menyayangi kita, maka diturunkan ujian pada kita agar kita senantiasa menjadi orang-orang yang mensyukuri nikmat-Nya.

            Maka dari itu, bersyukurlah atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Allah ingin kita menjadi orang yang kuat, Allah ingin melihat kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa menjadikan sholat dan sabar sebagai penolong kita. Tiga kunci agar kita dapat senantiasa berbahagia walaupun sedang tertimpa masalah, ujian, cobaan dan musibah adalah; berpikir positif, bersyukur (jangan pernah mengeluh; namun hadapilah), dan terus bersabar. In Shaa Allah, jika kita dapat melewati setiap masalah tersebut dengan kelapangan dada dan kesabaran yang tiada batas, maka akan bernilai pahala di sisi-Nya. 

Jangan pernah berkata, "Ya Allah, aku punya masalah besar..", Tetapi katakanlah, "Hei masalah! Aku punya Allah yang Maha Besar!" 

Warna saja yang luntur, semangat jangan.
Semangat, duhai sahabatku!


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar